RESKEU.ORG, Jakarta – Sentimen positif global maupun internal mendorong penguatan rupaiah. Diharapkan rupiah bertahan dalam tren positifnya.

Dilansir dari sindonews.com, “Tetap waspada berbagai news politik dan ekonomi global dapat menjadi pemicu pergerakan rupiah kembali bergejolak,” ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Reza memperkirakan, rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.348/USD dan resisten Rp13.330/USD.

Sebelumnya, berkurangnya dominasi EUR dan Swissfranc membuat permintaan akan sejumlah mata uang non safe haven mengalami peningkatan, termasuk rupiah.

Pelaku pasar kembali menahan diri sambil mencermati perkembangan dari imbas uji coba rudal balistik Korea Utara terhadap kondisi pasar keuangan, terutama terhadap sejumlah mata uang.

Di sisi lain, pelaku pasar juga khawatir terhadap penguatan EUR seiring langkah ECB yang akan meluncurkan program stimulus moneternya.

Berita penyelenggaraan International Conference dan Call for Paper (ICCAP) 2017 yang dinilai mampu memperkuat jaringan antara pemerintah, akademisi dan pelaku bisnis khususnya di sektor perdagangan menjadi sentimen positif terhadap penguatan rupiah namun news global bisa menjadi penghambat laju rupiah.

Sumber: sindonews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here